Yadi, Pefri and Sepriadi , Hery (2009) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KESEHATAN PT. K-LINK INDONESIA DI KOTA BENGKULU.. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![SKRIPSI PEFRIYADI.pdf [thumbnail of SKRIPSI PEFRIYADI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PEFRIYADI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (443kB)
Abstract
PT. K-LINK Indonesia merupakan salah satu perusahaan Multi Level
Marketing (MLM) yang bergerak dalam bidang produk kesehatan. Perusahaan ini
berpusat di Jl. Prof. Dr. Saharjo, Jakarta Selatan, dengan induk perusahaan yang
bernama K-LINK International Sdn Bhd, yang berada di Kuala Lumpur,
Malaysia.
PT. K-LINK Indonesia mempunyai cabang yang hampir mencakup
seluruh provinsi di Indonesia, antara lain provinsi-provinsi yang ada di pulau
Sumatra (Nangro Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan,
Bangkulu, Jambi, dan Lampung), serta di daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan
juga mencakup cabang provinsi di pulau Irian.
Hasil pra penelitian yang telah dilakukan, PT. K-LINK Indonesia memiliki
produk-produk kesehatan yang lengkap, harga ataupun pelayanan yang diberikan
berbeda dengan perusahaan produk kesehatan (kimia maupun herbal) yang telah
lama memasuki pasar, khususnya di Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pra penelitian yang menunjukan di kota bengkulu konsumen yang
mengkonsumsi produk kesehatan dari PT. K-LINK Indonesia cukup banyak,
dilihat dari total omzet penjualan produk kesehatan PT. K-LINK Indonesia yang
ada di Kota Bengkulu pada tahun 2008 yang mencapai angka 6 miliar rupiah.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dengan
metode pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dengan bantuan tenaga
lapangan (enomorator) 10 orang, yang berisikan tentang pernyataan Produk,
Harga dan Pelayanan kepada konsumen. Sampel diambil sebanyak 60 orang dari
konsumen dan distributor yang pernah menggunakan Produk kesehatan dari PT.
K-LINK Indonesia di Kota bengkulu.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pembahasan dengan
menggunakan analisis menunjukan bahwa :
1. Pada dimendi Produk
Dari ketiga item Produk yang diteliti, 2 item mempunyai nilai skor negatif dan
satu item mempunyai nilai skor positif. Dengan demikian skor GAP pada
dimensi Produk secara keseluruhan bernilai (4), artinya konsumen merasa
puas (skala rata-rata, hal 30) dengan produk kesehatan yang ditawarkan oleh
PT. K-LINK Indonesia di Kota Bengkulu.
2. Pada dimensi Harga
Dari tiga item Harga yang diteliti, kesemuanya bernilai positif. Jadi secara
keseluruhan skor GAP bernilai (5). Hal ini berarti Harga yang telah diberikan
oleh perusahaan kepada konsumen lebih dari yang diharapkan konsumen,
dengan demikian konsumen merasa sangat puas (skala rata-rata, hal 30)
terhadap harga yang telah ditetapkan tersebut.
3. Pada dimensi Pelayanan
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 10 item Pelayanan yang telah diteliti,
6 item bernilai positif, yaitu: Ketepatan waktu pelayanan (4), Kecekatan dalam
memberikan pelayanan (30), Kelengkapan fasilitas pendukung pelayanan (24),
Kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen (3), Perhatian
secara individu (8), dan kebersihan /kerapihan pelayanan (19). Sedangkan 4
item lainnya yaitu : Interaksi kepada konsumen (-10), Keamanan dan
kenyamanan (-11), Pemahaman dan pengetahuan (-12), serta daya tanggap
akan keluhan konsumen (-39), mempunyai GAP negatif, artinya konsumen
tidak merasa puas. Jadi secara keseluruhan skor GAP pada dimensi Pelayanan
bernilai (2), artinya konsumen merasa tidak puas (skala rata-rata, hal 30)
terhadap bentuk Pelayanan yang telah diberikan
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Produk dan Harga
sesuai dengan harapan konsumen (konsumen merasa puas). Sedangkan pada
variabel Pelayanan, konsumen tidak merasa puas. Tetapi, karena skor GAP hasil
analisis keseluruhan (Final GAP) menunjukan nilai positif (4,472). Maka secara
keseluruhan konsumen merasa sangat puas atas Produk, Harga dan Pelayanan
yang diberikan oleh PT. K-LINK Indonesia di Kota Bengkulu.
Dengan demikian, hal ini dapat menjadi suatu masukan bagi perusahaan
kedepannya agar lebih berbenah diri untuk dapat meningkatkan kepuasan
konsumen dengan cara lebih memberi perhatian yang tulus kepada setiap
konsumen dan meningkatkan pengetahuan para distributor serta selalu melakukan
evaluasi kerja mingguan dan bulanan dengan para up-line.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 21:50 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 21:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3536 |