ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN DI WARUNG INTERNET (WARNET) MITRANDA BENGKULU

Suryadi, Sistrian and Budi, Supriyanto (2009) ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN DI WARUNG INTERNET (WARNET) MITRANDA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (640kB)

Abstract

Warnet mitranda Bengkulu merupakan salah satu usaha yang bergerak
dibidang jasa telekomunikasi dan informasi. Pada saat ini telah banyak
bermunculan usaha-usaha lain yang bergerak dibidang yang sama, sehingga perlu
untuk memperbaiki kinerjanya agar pelanggan mendapatkan kepuasan dan tidak
beralih kepada usaha sejenisnya.
Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak pengelola jasa Warnet Mitranda
ini bahwa untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan
pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function
Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi
konsumen dan bechmarking), atribut jasa, parameter teknik, respon teknis,
hubungan antara atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin
dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis.
Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan
pelanggan, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya digunakan derajat
kepentingan, tingkat kepuasan pelanggan (skala preferensi konsumen), penentuan
parameter teknik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasaan teknis dan
atribut jasa, nilai target, prioritas teknis, kesulitan teknis, serta konflik dan sinergi
yang ditimbulkan dari penjelasan teknis.
Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 22 atribut yang dianggap
penting oleh pelanggan, dan 10 parameter teknik yang disediakan pihak Warnet
Mitranda Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 78,85. Sedangkan warnet
pesaingnya yakni Warnet Defender Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar
77,07, maka Warnet Mitranda Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 22:21
Last Modified: 05 Dec 2013 22:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item
View Item