CARA BELAJAR SISWA YANG BERPRESTASI RENDAH PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI BERBASIS MASALAH (LESSON STUDY DI KELAS VIIIC SMPN 9 KOTA BENGKULU)

Anggraini, Yuliza and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) CARA BELAJAR SISWA YANG BERPRESTASI RENDAH PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI BERBASIS MASALAH (LESSON STUDY DI KELAS VIIIC SMPN 9 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[thumbnail of Skripsi Yuliza Anggraini-2.pdf] Text
Skripsi Yuliza Anggraini-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar siswa yang
berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA-
Biologi berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan dengan lesson study. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap
refleksi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian
adalah 5 orang siswa yang berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu
yang terdiri atas 4 orang siswa laki-laki dan 1 orang siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data cara belajar siswa adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis
secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang
berprestasi rendah di kelas VIIIC SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA-
Biologi berbasis masalah di siklus II lebih aktif dibandingkan di siklus I. Pada tahap
orientasi masalah, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di siklus II lebih aktif
dibandingkan di siklus I. Pada tahap ini cara belajar siswa yang berprestasi rendah
dikategorikan siswa belajar aktif yaitu membaca buku selintas dengan cepat, mencatat
penjelasan guru secara ringkas, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab
pertanyaan guru. Pada tahap organisasi belajar, cara belajar siswa yang berprestasi
rendah di siklus II sama aktif dengan siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar
aktif yaitu menjawab pertanyaan guru. Pada tahap penyelidikan, cara belajar siswa yang
berprestasi rendah di siklus II lebih efektif dibandingkan di siklus I. Pada tahap ini
siswa dikategorikan belajar aktif yaitu berdiskusi, membaca buku dari berbagai sumber,
mencatat penjelasan guru secara ringkas, menggarisbawahi poin-poin penting, bertanya
jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan guru. Pada tahap
pengembangan dan penyajian hasil karya, cara belajar siswa yang berprestasi rendah di
siklus II sama aktif dengan siklus I. Pada tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif
yaitu membuat laporan, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab
pertanyaan. Pada tahap analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah, cara belajar
siswa yang berprestasi rendah di siklus II lebih aktif dibandingkan di siklus I. Pada
tahap ini siswa dikategorikan belajar aktif yaitu merangkum atau membuat ringkasan,
bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan menjawab pertanyaan guru.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 05 Dec 2013 23:17
Last Modified: 05 Dec 2013 23:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item
View Item