PERANAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI KOTA BENGKULU

Debi Wijaya, Welson and Sugeng, Suharto and Loesida , Roeliana (2009) PERANAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Welson Dedi-2.pdf] Text
Welson Dedi-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi, selanjutnya
mendeskripsikan tentang peranan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam
meningkatkan mutu guru di Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, yaitu data yang
diperoleh dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data
triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan terhadap peranan Lembaga Penjaminan
Mutu Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru melalui pelaksanaan pendidikan
dan pelatihan menunjukkan bahwa perencanaan Diklat, pelaksanaan Diklat dan
evaluasi dan monitoring telah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan Diklat
yang telah ditetapkan di dalam Pedoman Penyelenggaraan Diklat. Pelaksanaan Diklat
secara umum telah terlaksana dengan baik, hanya saja pada proses perencanaan perlu
direncanakan sesuai dengan empat tahap dasar perencanaan, yaitu menetapkan
tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan
hambatan dan mengembangkan rencana. Selanjutnya pada proses pelaksanaan Diklat
kurang disiplinnya panitia, instruktur dan peserta dalam melaksanakan kegiatan,
seperti jadwal kegiatan yang sering diundur, pengecekan konsumsi yang hanya
sesekali dan masih adanya instruktur yang tidak menggunakan multimedia komputer
dalam proses pembelajaran. Kemudian pada proses evaluasi dan monitoring telah
terlaksana dengan baik, hanya pada proses evaluasi, yaitu tahapan pretest yang
dilakukan sesekali dan kegiatan monitoring dilaksanakan setiap tahun oleh Seksi
Pemetaan Mutu dan Supervisi yang dilakukan di lapangan dengan mengisi instrumen
yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis
mengemukakan saran hendaknya pada proses perencanaan Diklat LPMP Bengkulu
melaksanakan tahapan perencanaan mengidentifikasi segala kemudahan dan
hambatan dan mengembangkan rencana dan pada proses pelaksanaan Diklat untuk
tahap kegiatan kepanitiaan hendaknya panitia Diklat selalu melakukan pengecekan
konsumsi, hal ini berguna untuk menghindari komplain dari peserta Diklat.
Kemudian untuk kegiatan pembelajaran diharapkan untuk meningkatkan kedisiplinan
terhadap panitia Diklat, instruktur dan peserta Diklat. Selanjutnya kepada
widyaiswara untuk selalu melatih kemampuan dan kompetensinya dalam
memberikan pelayanan dan bimbingan terhadap peserta Diklat. Dalam proses
evaluasi dan monitoring, hendaknya pada kegiatan pembelajaran selalu melaksanakan
pretest disetiap kegiatan pembelajaran. Hal ini berguna untuk melihat seberapa jauh
pemahaman peserta Diklat tentang materi yang akan disampaikan dan instruktur
dapat melakukan penjaringan materi mana yang akan ditekankan pada peserta Diklat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 08:22
Last Modified: 06 Dec 2013 08:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item
View Item