Chandra K, Kartika and Hermansyah, Amir and Salastri, Rohiat (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X3 SMAN 2 BENGKULU SELATAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN METODE BRAINSTORMING MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI DAN GAS ALAM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![KARTIKA CHANDRA K.-2.pdf [thumbnail of KARTIKA CHANDRA K.-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KARTIKA CHANDRA K.-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar ,
dan respon siswa SMA N 2 Bengkulu Selatan , setelah menerapkan
upaya peningkatan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran
discovery learning metode brainstorming menggunakan media powerpoint
pada pokok bahasan minyak bumi dan gas alam. Penelitian merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subjek penelitian adalah siswa
kelas X3 SMA N 2 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2008/2009. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1)
Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes
dan angket. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa
penerapan pembelajaran model discovery learnig metode brainstorming
menggunakan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar dan
aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa pada siklus
I, II, dan III berturut-turut adalah 60,93; 70,93; 76,25. dan untuk
presentase ketuntasan belajar secara klasikal untuk siklus I adalah
40,65%; siklus II adalah 68,75% dan siklus III adalah 90,62%. Begitu juga
dengan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I 29,3
berada pada kategori cukup, pada sikus II meningkat menjadi 36,3 pada
kategori baik dan siklus III skor rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi
43 dan dalam kategori baik. Berdasarkan angket yang disebarkan kepada
siswa diperoleh bahwa 71,87% siswa memberikan respon sangat baik
terhadap pembelajaran yang diterapkan dan 21,87% siswa memberikan
respon baik dan 9,3% memberikan respon cukup.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 09:37 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 09:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3637 |