UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KONSULTATIF BERBANTUAN KARTU KOMPETITIF ( Classroom Action Research )

Panjaitan, Anita Yuliza and Bahar, Amrul and Elvia, Rina (2007) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KONSULTATIF BERBANTUAN KARTU KOMPETITIF ( Classroom Action Research ). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-ANI-FKIP.pdf] Text
I,II,III-ANI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[thumbnail of IV,V-ANI-FKIP.pdf] Text
IV,V-ANI-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia sis
akan dalam tig
Bismillaahirrahmaanirrahiim
A1F003001 RAK
wa pada pokok bahasan Konsep Mol dengan penerapan model pembelajaran kooperatif konsultatif berbantuan kartu kompetitif yang dilaksanakan di Kelas I TMR (Teknik Motor Ringan) SMKN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksan a siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan,
(2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrumen tes yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu persentase daya serap, ketuntasan belajar secara klasikal, dan rata-rata skor observer. Berdasarkan analisa dan pembahasan pembelajaran kooperatif konsultatif berbantuan kartu kompetitif ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini dapat dilihat daya serap siswa yaitu siklus I dengan skor 67,37 %, siklus II dengan skor 72,11 % dan skor pada siklus III yaitu 79,11 % (2) Ketuntasan belajar klasikal yaitu siklus I dengan skor 62,86 %, siklus II dengan skor 80 % dan skor pada siklus III yaitu 93,5 % (3) aktivitas siswa siklus I dengan skor 14,67 (cukup), siklus II dengan skor 19 (cukup) dan skor pada siklus III yaitu 23,67 (Baik) dan (4) motivasi siswa siklus I dengan skor 22,33 (sedang), siklus II dengan skor 30,67 (sedang) dan skor pada siklus III yaitu 36,67 (tinggi).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:23
Last Modified: 06 Dec 2013 12:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200