Susanti, Elfri and Sumpono, Sumpono and Elvinawati , Elvinawati (2007) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN YANG MENERAPKAN METODE INKUIRI MELALUI PERUMUSAN HIPOTESIS DAN PENGUJIANNYA DENGAN PEMBELAJARAN YANG TIDAK MENERAPKAN METODE INKUIRI DI KELAS XI IA SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-ELF-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-ELF-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-ELF-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
![IV,V-ELF-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-ELF-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-ELF-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
dalam pembelajaran kimia dengan menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya dan pembelajaran kimia yang tidak menerapkan metode inkuiri di kelas XI IA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu dan yang menjadi sampel adalah kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen, dan XI IA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan menggunakan data tes (pre test dan post test). Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya dengan pembelajaran yang tidak menerapkan metode inkuiri. Uji-t kedua kelas sampel diperoleh t
= 2,75 sedangkan t
=2,39 pada taraf signifikan 1%, berarti t
hitung
hitung
> t
tabel
tabel (0,99)(73)
sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan metode inkuiri melalui perumusan hipotesis dan pengujiannya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya tidak menerapkan metode inkuiri.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 12:44 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 12:44 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3664 |