Oktaviani, Zumita and Fachruddin , Fachruddin and Dewi , Herawaty (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUNTAS MELALUI MEDIA KARTU SOAL PADA BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 PONDOK KELAPA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ZUMITA OKTAVIANI-2.pdf [thumbnail of ZUMITA OKTAVIANI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ZUMITA OKTAVIANI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui respon siswa dalam
pembelajaran matematika dengan pendekatan belajar tuntas melalui media kartu soal pada
bentuk aljabar, (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan
belajar tuntas melalui media kartu soal pada bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa SMPN 2 Pondok Kelapa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pondok Kelapa
Bengkulu Utara tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa
laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
dengan tahapan Perencanaan → Pelaksanaan Tindakan → Observasi → Refleksi.
Pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa, catatan harian, tes, angket
dianalisis secara deskriptif, yaitu suatu analisis data dimana temuan-temuan dideskripsikan
ke dalam pernyataan-pernyataan. Suatu kesimpulan akan diambil berdasarkan
kecendrungan yang bersifat umum.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) sebagian
siswa merasa senang dan bersikap positif belajar matematika dengan pembelajaran tuntas
dengan soal, dapat dilihat dari angket, yang bersikap positif pada siklus I 77,27%
meningkat pada siklus II 90,90% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95,45%, (2)
pembelajaran tuntas dengan kartu soal dalam kegiatan belajar mengajar matematika dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil tes pertama rata-rata 59,09 dengan
ketuntasan klasikal 54,54% meningkat pada tes ke-2, rata-rata menjadi 61,90 dengan
ketuntasan klasikal 68,18%, meningkat lagi pada tes ke 3, rata-rata menjadi 70,22 dengan
ketuntasan klasikal 72,72%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 14:47 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 14:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3694 |