Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu

Sulistiawati, Diah and Rusdi, Rusdi and Irsal, Idris (2009) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Penerapan Model Pem-2.pdf] Text
Penerapan Model Pem-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus
dengan alur penelitian yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan
Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe investigasi kelompok.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 9 Kota Bengkulu semester genap
tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40 orang, yang terdiri dari 21 siswa laki-
laki dan 19 siswa perempuan.
Dari hasil analisis keaktifan siswa yang diukur dengan lembar observasi aktivitas
diperoleh peningkatan keaktifan siswa mulai dari siklus I hingga siklus III. Sedangkan
hasil belajar juga menglami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa yang semula 63,35
pada siklus I meningkat menjadi 68,55 pada siklus II, dan terus meningkat hingga
mencapai 73,15 pada siklus III. Sedangkan persentase keberhasilan belajar pada siklus I
sebesar 67.5%, meningkat menjadi 80% pada siklus II, dan terus meningkat hingga
mencapai 90% pada siklus III.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah : a) Cara menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok pada pembelajaran matematika
di kelas VII sehingga siswa menjadi aktif adalah : (1) guru membagi kelompok dengan
cara memperhatikan kemampuan akademik serta faktor lain yang mampu mempengaruhi
kelancaran pembelajaran, (2) guru harus benar-benar mempersiapkan perangkat
pembelajaran dengan baik, (3) guru memberikan apersepsi yang jelas, (4) guru benar-
benar memperhatikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe investigasi
kelompok, (5) guru memotivasi dan mengarahkan siswa yang berkemampuan tinggi
untuk membantu siswa yang berkemampuan rendah, dan (6) guru memberikan motivasi
yang tinggi agar siswa mau berpartisipasi aktif saat berdiskusi. b) Cara meningkatkan
hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Investigasi kelompok adalah; (1) siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki sendiri
materi yang ingin mereka pelajari, (2) siswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan materi yang sudah didapat seperti dengan mengerjakan latihan soal, (3)
siswa diberi PR untuk membangkitkan minat belajar siswa dirumah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 15:02
Last Modified: 06 Dec 2013 15:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item
View Item