MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS XD SMA N 6 KOTA BENGKULU

Anggraini, Popi Sri and Sumpono, Sumpono and Salastri, Rohiat (2009) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS XD SMA N 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of POPI SRI ANGGRAINI-2.pdf] Text
POPI SRI ANGGRAINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XD SMA Negeri 6
Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009, dengan tujuan untuk (1)
mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur pada
pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi di kelas XD SMA Negeri 6 Kota
Bengkulu dan (2) mengetahui keaktifan siswa selama proses belajar
mengajar berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data diperoleh
dari tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada
siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
tes dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan
lembar observasi siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif
dengan menggunakan rata-rata kelas, daya serap klaksikal dan
menentukan ketuntasan belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas
(6,53), daya serap klaksikal (65,3%) dan ketuntasan belajar (59,3%).
Pada siklus II, nilai rata-rata kelas (7,31), daya serap klaksikal (73,1%)
dan ketuntasan belajar (78,1%). Dan pada siklus III nilai rata-rata kelas
(7,75), daya serap klaksikal (77,5%) dan ketuntasan belajar (90,6%).
Sedangkan aktifitas siswa dengan rata-rata skor untuk siklus I adalah 54
(kriteria baik), siklus II adalah 61 (kriteria baik) dan siklus III adalah 67,5
(kriteria baik).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 06 Dec 2013 22:50
Last Modified: 06 Dec 2013 22:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item
View Item