Peanti, Gusti and Zamzaili , Zamzaili and Irsal, Idris (2009) Perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat di kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![GUSTI PEANTI-2.pdf [thumbnail of GUSTI PEANTI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
GUSTI PEANTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar
siswa melalui pembelajarannya yang menerapkan kooperatif tipe STAD menggunakan
penyusunan bagan materi dan tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat.
(2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajarannya
yang menerapkan kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi dan
tanpa penyusunan bagan materi pada bangun segiempat.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel diambil secara cluster
sampling dari populasi terjangkau (siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu).
Berdasarkan nilai UAS semester I, Kelas VII B dipilih sebagai kelas eksperimen, dan
kelas VII A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD menggunakan penyusunan bagan materi sedangkan kelas kontrol
hanya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisa data
dihitung menggunakan t-test pooled varians. Harga t0,975 dengan dk = 62 adalah 1,99
dengan persyaratan, data berdistribusi normal (diuji dengan Liliefors) serta homogen
(diuji dengan fisher).
Dari hasil analisis angket motivasi, didapat thitung = 4,51246 artinya ada perbedaan rata-
rata motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Sedangkan untuk hasil belajar, dari analisis didapat thitung = 2,205501, artinya ada
perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 23:59 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 23:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3781 |