Hamsaruddin, Hamsaruddin and Zamzaili , Zamzaili and Rusdi, Rusdi (2009) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran dan Modalitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![HAMSARUDDIN-2.pdf [thumbnail of HAMSARUDDIN-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HAMSARUDDIN-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara
siswa yang memiliki modalitas belajar visual, modalitas belajar auditorial, dan modalitas
belajar kinestetik, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti
pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan siswa yang mengikuti pembelajaran
matematika dengan metode inkuiri, (3) Pengaruh interaksi antara penerapan metode
pembelajaran dan modalitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 10 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 3 x 2. Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran (ekspositori dan
inkuiri), variabel atribut yaitu modalitas belajar (visual, auditorial dan kinestetik) dan variabel
terikat yaitu prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara multi stage
sampling, sehingga diperoleh 27 siswa dari kelas VII A sebagai kelompok sampel yang
mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode ekspositori dan 27 siswa dari kelas VII B
sebagai kelompok sampel yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode inkuiri.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik two ways Anova, LSD dan one Ways
Anova. Berdasarkan analisis dengan taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa. (1) Tidak
terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki modalitas belajar
visual, modalitas belajar auditorial, dan modalitas belajar kinestetik, (2) Terdapat perbedaan
prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan
metode ekspositori dan siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode
inkuiri, (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki modalitas
belajar visual antara yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan
yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (4) Terdapat perbedaan
prestasi belajar matematika siswa yang memiliki modalitas belajar auditorial antara yang
mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan yang mengikuti
pembelajaran matematika dengan metode inkuiri, (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang memiliki modalitas belajar kinestetik antara yang mengikuti
pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan yang mengikuti pembelajaran
matematika dengan metode inkuiri, (6) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa
yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode ekspositori dan memiliki modalitas
belajar visual atau auditorial atau kinestetik, (7) Terdapat perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan metode inkuiri dan
memiliki modalitas belajar visual atau auditorial atau kinestetik,(8) Ada pengaruh interaksi
antara penerapan metode pembelajaran dan modalitas belajar terhadap prestasi belajar
matematika
siswa
kelas
VII
SMP
Negeri
10
Kota
Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 00:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 00:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3784 |