Susanti, Susi and Asep, Suratman and Zainal , Muktamar (2009) UPAYA DAN KEBERHASILAN PKBM DELLIA KOTA BENGKULU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Susi Susanti-2.pdf [thumbnail of Skripsi Susi Susanti-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Susi Susanti-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang
menyelenggarakan pendidikan umum setara SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA mencakup
program Paket A, B, dan Paket C yang berupaya melayani peserta didik yang berasal
dari masyarakat yang kurang beruntung tidak pernah sekolah, putus sekolah, dan
putus lanjut, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan taraf
hidupnya. Melalui pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pemerintah
bekerjasama dan berusaha untuk mengurangi angka anak putus sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan penelitian ini adalah tutor paket C, pengelola PKBM, dan
warga belajar paket C di PKBM Dellia Kota Bengkulu.
Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan upaya dan
keberhasilan PKBM Dellia Kota Bengkulu dalam penyelenggaraan program paket C
yaitu, sebelum proses belajar berlangsung tutor menyusun SKM (Susunan Kegiatan
Mengajar). 2) Tutor menyusun GBPP (Garis Besar Program Pengajaran). 3)
Mempersiapkan kurikulum dan metode pembelajaran. 4) Mempersiapkan buku
pelajaran, absensi kelas serta jadwal pembelajaran.
Setelah proses pembelajaran, tutor PKBM Dellia menggunakan tiga metode
pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok, selain itu sebelum
ujian berlangsung, tutor bersama warga belajar membahas soal-soal ujian tahun
kemarin. Setelah pelaksanaan, pengelola dan tutor mengevaluasi hasil jumlah warga
belajar yang lulus paket C sebanyak 61 (enam puluh satu) orang dari 84 (delapan
puluh empat) warga belajar. dari 61 (enam puluh satu) orang yang lulus itu lebih
banyak yang melanjutkan keperguruan tinggi dan selainnya membuka usaha sendiri.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2013 01:23 |
Last Modified: | 07 Dec 2013 01:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/3814 |