Murtinah, Siyam and Rusdi, Rusdi and Nurul , Astuty Yensy (2013) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN YANG MENERAPKAN METODE KUMON DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-1-13-siy-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (410kB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,LAMP-1-13-siy-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektivitas pembelajaran dengan penerapan metode Kumon lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional poko bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi
Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sedangkan sampelnya adalah kelas VII D sebagai kelas control dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah
pembelajaran dengan metode Kumon sedangkan kelas kontrol pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas antara pembelajaran yang menerapkan metode Kumon lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional di kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan rumus statistic uji t satu arah (uji pihak kanan) dengan taraf nyata
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2014 00:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2014 00:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4095 |