Eli Sartika, Eli Sartika and M. Nasirun, M. Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DENGAN CERITA RAKYAT KOTA BENGKULU MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-1-13-eli-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
iv,v,vi,lamp-eli-1-13-fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu rendahnya kemampuan anak dalam menyimak pada kelompok B3 Pendidikan Anak Usia Dini Pembina 1 Kota Bengkulu. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menyimak anak dengan cerita rakyat Kota Bengkulu melalui media cerita
bergambar. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B3 PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu dengan jumlah 18 anak yaitu 6 orang anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini penelitian kolaboratif antara peneliti
dengan teman sejawat. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 4 pertemuan. Pada siklus pertama peneliti menggunakan cerita puteri kemang dengan tema lingkungan ku subtema keluarga dan rumah. Pada
siklus kedua peneliti menggunakan cerita ular n’daung dengan tema binatang subtema jenis binatang dan makanan binatang. Aspek yang dinilai dari kemampuan menyimak ini yaitu memori, konsentrasi dan perbendaharaan kata.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 januari-9 februari 2013. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah ≥75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kemampuan menyimak anak mencapai 89% berhasil.
Saran yang dikemukakan pada penelitian ini bahwa penggunaan media saat bercerita merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 10:33 |
Last Modified: | 12 Dec 2013 10:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4126 |