Ardianti, Febrina and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2013) MENINGKATKAN KREATIVITAS GAMBAR ANAK MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DI KELOMPOK B TK IDHATA KECAMATAN PASAR MANNA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-1-13-feb-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (380kB)
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,1-13-feb-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Anak hanya bisa
meniru gambar dengan contoh yang dibuat oleh guru dan belum bisa menggambar dengan idenya sendiri, gambar yang dibuat anak masih berupa coretan-coretan, guru kurang memotivasi dan membimbing anak untuk menggambar bebas. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan kreativitas gambar Anak melalui menggambar bebas di
Kelompok B TK Idhata Kecamatan Pasar Manna. Tujuan khusus adalah: untuk meningkatkan kretivitas gambar anak melalui menggambar bebas sesuai dengan tema yang ditentukan guru, untuk meningkatkan kretivitas gambar anak melalui menggambar bebas dengan kreasi anak sendiri,
untuk meningkatkan kretivitas gambar anak melalui menggambar bebas dengan menggunakan bentuk dasar lingkarann, segitiga dan segiempat.Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas,yang dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Menggambar bebas sesuai tema yang ditentukan guru dapat
meningkatkan kreativitas gambar anak, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kreativitas menggambar anak siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 33,3%, siklus II : 53,3%, siklus III : 80%. Menggambar bebas dengan kreasi anak sendiri, dapat meningkatkan kreativitas gambar anak, ini dibuktikan keberhasilan anak pada siklus I
dengan katagori nilai baik mencapai 13,3%, siklus II : 33,3%, siklus III :86,7%. Menggambar bebas dengan bentuk dasar lingkaran, segitiga dan segiempat dapat meningkatkan kreativitas gambar anak, ini dibuktikan keberhasilan anak pada siklus I dengan katagori nilai baik 13,3%, siklus II
: 33,3%, siklus III : 81,7%. Kesimpulannya adalah Penerapan
menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas gambar anak di kelompok B TK Idhata Kecamatan Pasar Manna.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 14:09 |
Last Modified: | 12 Dec 2013 14:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4155 |