MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK DENGAN PERMAINAN DONGENG BONEKA DI KELOMPOK B PAUD SEPADAN KELURAHAN KOTA MEDAN KECAMATAN KOTA MANNA

Anggreny, Ika Sartika and I Wayan , Dharmayana and I Wayan , Dharmayana (2013) MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK DENGAN PERMAINAN DONGENG BONEKA DI KELOMPOK B PAUD SEPADAN KELURAHAN KOTA MEDAN KECAMATAN KOTA MANNA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ika-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (691kB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (687kB)

Abstract

Latar belakang, guru jarang sekali menggunakan alat dalam bercerita, guru kurang pandai mengarang cerita yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak, sehingga dapat menghambat perkembangan linguistik anak. Judul penelitian tentang permainan dongeng boneka untuk Meningkatkan
kecerdasan Linguistik anak. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah dengan Permainan dongeng boneka dapat Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak di Kelompok B PAUD Sepadan Kelurahan Kota Medan Kota Manna?.” Adapun tujuan tersebut adalah, untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak di Kelompok B PAUD Sepadan Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, di PAUD Sepadan Kota Medan Kecamatan Kota Manna, pada setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan: Kecerdasan linguistik anak dapat itingkatkan melalui kegiatan dongeng boneka tangan dikelompok B PAUD Sepadan Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna,secara keseluruhan persentase anak yang mendapat kriteria Baik (interval 8-9) sebesar 61 %, siklus ke I dan pada siklus II meningkat menjadi 81%.Peneliti merekomendasikan bagi pendidik PAUD hendaknya dapat
menerapkan kegiatan mendongeng terutama mendongeng dengan
menggunakan boneka tangan untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak dan permainan dongeng boneka membuat anak tertarik mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2013 14:45
Last Modified: 12 Dec 2013 14:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200