MENINGKATKAN KESIAPAN MEMBACA MELALUI METODE BERMAIN VARIATIF PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD PERMATA BUNDA SUKA MAJU KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Hayati, Ismi and Rohiat, Rohiat and Delrefi, Delrefi (2013) MENINGKATKAN KESIAPAN MEMBACA MELALUI METODE BERMAIN VARIATIF PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD PERMATA BUNDA SUKA MAJU KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-ism-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-ism-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan kesiapan membaca anak di Kelompok Bermain PAUD Permata Bunda. Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan dengan Metode Bermain Variatif. Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas guna memperbaiki mutu dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan diPAUD Permata Bunda Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan direncanakan pada bulan Oktober 2012. Subjek penelitian
adalah siswa kelompok bermain pada PAUD Permata Bunda dengan jumlah peserta didik 23 anak yang terdiri dari 14 laki laki dan 9 perempuan. Data yang akan dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tehnik statistik deskritif dengan prosentase dan rata rata kelas. Hasil Penelitian diperoleh pelaksanaan siklus 1 menunjukkan 60% siswa berhasil
aktif dan merespon pelajaran untuk kesiapan membaca dengan metode bermain sedangkan pada siklus ke 2 yang berhasil sebesar 85%, jika hal ini dibandingkan maka jelas terlihat bahwa siklus ke 2 terlihat lebih baik. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus ini
maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode bermain variatif dapat meningkatkan kesiapan anak membaca dalam suatu kegiatan pembelajaran di Kelompok Bermain PAUD Permata Bunda.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2013 14:59
Last Modified: 12 Dec 2013 14:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item
View Item