ANALISA DEFLEKSI PADA KONSTRUKSI RANGKA BATANG MENARA SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Nainggolan, Fuko and Eng, Hendra and Erinofiardi, Erinofiardi (2012) ANALISA DEFLEKSI PADA KONSTRUKSI RANGKA BATANG MENARA SALURAN UDARA TEGANGAN EKSTRA TINGGI (SUTET) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik UNIB.

[thumbnail of FUKO N-2.pdf] Text
FUKO N-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan
truss
pada
struktur
menara/tower
dalam
bidang
telekomunikasi dan listrik sangat banyak terutama pada daerah – daerah yang
padat dan sulit dijangkau seperti daerah pemukiman padat penduduk. Penggunaan
truss pada struktur menara/tower dapat dilihat pada menara saluran udara
tegangan ekstra tinggi (SUTET) seperti di pulau Jawa dan menara/tower tersebut
dibangun dengan memiliki kekuatan dan ketinggian tertentu agar tidak
mengganggu lingkungan yang ada dibawahnya. Selain pada menara SUTET, truss
juga digunakan pada bangunan/alat – alat lain seperti jembatan, pengangkat crone
(pemindah bahan) dan lain sebagainya.
Pemodelan dirancang menjadi dua variasi menara. Dimana masing –
masing menara memiliki bentuk rancangan truss yang berbeda. Penghitungan
analisa defleksi pada konstruksi rangka batang menara SUTET dilakukan dengan
menggunakan Finite Element Methode (FEM) dan jenis materialnya adalah baja
dengan young modulus 200 GPa dan poisson ratio 0.3. Posisi pembebanan pada
menara/tower SUTET terletak pada ujung kedua lengan dan di puncak
menara/tower. Besarnya gaya yang diberikan bervariasi yaitu dengan gaya 500 N,
1000 N, dan 1500 N.
Berdasarkan analisa yang diperoleh bahwa nilai maksimal dari defleksi
yang dihasilkan bertambah besar dengan makin bertambahnya gaya yang
diberikan pada menara tersebut. Fenomena ini dapat diartikan bahwa semakin
besar nilai gaya yang diberikan dan semakin sedikit truss yang dipasangkan pada
menara, maka akan semakin tinggi nilai maksimal defleksi yang dihasilkan. Maka
dari itu posisi dari gaya sebagai pembebanan dan banyaknya truss yang dipasang
dalam penelitian ini sangat berpengaruh pada defleksi yang di hasilkan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 14 Dec 2013 17:21
Last Modified: 14 Dec 2013 17:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200