Suryani, Suryani and Rusdi, Rusdi and Irsal, Idris (2012) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Suryani PDF.pdf [thumbnail of Skripsi Suryani PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Suryani PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: 1) Rencana
tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 32 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan.
Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa
(LKS), dan lembar tes. Dari analisis keaktifan siswa yang di ukur dengan lembar
observasi aktivitas diperoleh peningkatan keaktifan siswa mulai dari siklus I hingga
siklus III. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa
yang semula hanya 53,21 pada siklus I menjadi 73,87 pada siklus II, dan terus
meningkat hingga 84,5 pada siklus III. Sedangkan persentase keberhasilan belajar
klasikal pada siklus I sebesar 15,6%, meningkat menjadi 62,5% pada siklus II dan terus
meningkat hingga 90,6% pada siklus III.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) cara
menerapakan Pendekatan Pembelajaran Kontextual Teaching and Learning (CTL) pada
pembelajaran matematika dikelas VII D sehingga siswa menjadi aktif adalah: (a) peneliti
harus benar-benar mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, (b) peneliti
harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah pendekatan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL), (c) peneliti memberikan motivasi yang tinggi agar siswa
mau berpartisipasi aktif saat diskusi dan aktif mengerjakan LKS, (d) peneliti memberi
tegudan atau hukuman kepada siswa yang tindakannya tidak relevan dengan kegiatan
pembelajaran. 2) cara meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah: (a) siswa diberi
kesempatan untuk menyelidiki sendiri materi yang dipelajari, (b) siswa diberikan
kesempatan untuk mengaplikan sendiri materi yang sudah didapat dengan mengerjakan
latihan soal. 3) siswa diberikan tugas rumah untuk membangkitkan minat belajar siswa
dirumah.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:22 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4724 |