Endriani, Endriani and Nina, Kurniah and M, Nasirun (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![ENDRIANI.pdf [thumbnail of ENDRIANI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ENDRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini secara umum adalah Apakah metode
bercerita dengan media gambar, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa
anak usia dini ?. Dan penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui
apakah metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan
kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
dilakukan enam kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : 1).
Perencanaan, 2). Tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Subjek penelitian
berjumlah 22 orang anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak Dwi Darma
Kandang Limun Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistik deskriftif kuantitatif dengan menggunakan
rumus skor rata-rata anak dan persentase keberhasilan anak. Penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media gambar dapat
meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini terbukti dari skor
keberhasilan yang dicapai setiap siklus yakni : Pra Siklus (18%), Siklus satu
(55%), dan siklus dua (86%). Saran yang dikemukakan adalah : 1). Dalam
bercerita ekspresi dan penjiwaan harus dikuasai demi menarik perhatian anak,
2). Gambar yang digunakan jelas tidak boleh mematikan imajinasi anak, 3).
Penguasaan kelas dan memperbanyak memberikan motivasi dan pujian
kepada anak.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 12:52 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 12:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4740 |