PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V RSBI II SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Betti RahmaYulia, Pratiwi, and Sri, Dadli and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V RSBI II SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Betti Rahmayulia Pratiwi.pdf] Text
Skripsi Betti Rahmayulia Pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS
di kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu dengan menerapkan Model
Problem Based Instruction (PBI) Melalui Media Google Earth; (2) Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Problem Based Instruction
(PBI) Melalui Media Google Earth pada mata pelajaran IPS di kelas V RSBI II SD
Negeri 01 Kota Bengkulu; (3) Meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu
siklus I dan siklus II, disetiap siklus terdiri dari dua kali petemuan. Tahapan disetiap
siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan
refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota
Bengkulu yang terdiri dari 25 orang siswa pada tahun pelajaran 2011/2012.
Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes dan lembar observasi. Tes ini
digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk
mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) Kualitas proses; a) Observasi
aktivitas guru siklus I dengan rata-rata skor 32,5 kategori cukup dan meningkat
pada siklus II dengan rata-rata skor 38,5 dengan kategori baik; b) Aktivitas siswa
siklus I dengan rata-rata skor 33 kategori cukup dan meningkat pada siklus II
meningkat menjadi 36,75 dengan kategori baik. (2) Hasil belajar; a) Kognitif (1)
Hasil analisis LDS pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata 6,95 meningkat
pada siklus II sebesar 100% dengan nilai rata-rata 8,25; (2) Hasil analisis
tes/evaluasi siklus I sebesar 52% dengan nilai rata-rata 7,06 meningkat pada siklus
II sebesar 88% dengan nilai rata-rata 8,19; b) Penilaian afektif pada siklus I dengan
nilai rata-rata 10,24 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai
rata-rata 12,82 kategori baik; c) Penilaian psikomotor pada siklus I dengan nilai
rata-rata 5,62 kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 8,04
dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) Melalui Media Google
Earth dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial siswa kelas V RSBI II SD Negeri 01 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:08
Last Modified: 18 Dec 2013 14:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4909

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200