HUBUNGAN ANTARA RESPON SISWA TERHADAP PROGRAM RBTV “SANG JUARO” DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Fitria, , Dian. and Hasnawati, Hasnawati and Wurjinem, Wurjinem (2012) HUBUNGAN ANTARA RESPON SISWA TERHADAP PROGRAM RBTV “SANG JUARO” DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Dian Fitria.pdf] Text
Skripsi Dian Fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Respon Siswa
terhadap Program RBTV “Sang Juaro” dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah
Dasar Negeri 60 Kota Bengkulu. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini
sebanyak 53 orang siswa dan sampel dengan teknik purposive sample. Jenis
penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen angket
telah diuji validitasnya yaitu rhitung untuk setiap butir soal lebih besar (>) rtabel
0,344 (db 0,05) dan uji reliabelitas instrumen respon siswa terhadap program
RBTV “Sang Juaro” diperoleh rhitung 0,80 dan instrumen motivasi belajar siswa
diperoleh rhitung 0,85. Perolehan skor rata-rata respon siswa terhadap program
RBTV “Sang Juaro” adalah 65,75. Perolehan skor rata-rata motivasi belajar siswa
161,92. Uji chi kuadrat (X2) untuk normalitas variabel X, diperoleh X2 hitung =
8,613 < X2 tabel = 9,488. Untuk variabel Y diperoleh X2 hitung = 8,754 < X2tabel =
9,488. Untuk uji homogenitas Variabel X dan Y diperoleh Fhitung = 1,55 < Ftabel =
1,57. Uji hipotesis Korelasi Product Moment rhitung = 0,629 > rtabel = 0,279 (db
0,05) dan n= n-2, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Ada korelasi positif
yang signifikan antara respon siswa terhadap program RBTV “Sang Juaro”
dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Dan dari
perhitungan koefisien determinan diperoleh hasil konstribusi variabel X terhadap
variabel Y yaitu sebesar 39,5%.. Disarankan kepada pendidik khususnya guru,
untuk lebih membangkitkan motivasi instrinsik pada muridnya. Karena yang
paling baik dalam hal belajar adalah motivasi instrinsik. Dengan motivasi
instrinsik anak akan menjadi aktif sendiri tanpa paksaan orang lain.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:41
Last Modified: 18 Dec 2013 14:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200