STUDI PERBANDINGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU

Parwanti, , Dwi and Endang , Widi Winarni and Anni , Suprapti (2012) STUDI PERBANDINGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DAN INKUIRI DITINJAU DARI PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of DWI PARWANTI.pdf] Text
DWI PARWANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1)
perbedaan pretasi belajar Matematika antara kelompok pendekatan pembelajaran
inkuiri dan ekspositori; 2) perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok
tingkat kecerdasan tinggi, sedang, dan tingkat kecerdasan rendah; dan 3) pengaruh
interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kecerdasan terhadap
hasil belajar Matematika.
Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimental.
Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran inkuiri dan pada kelompok kontrol dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Populasi pada penelitian
adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Sampel ditetapkan dengan
random sampling, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD
sebagai kelas kontrol.
Hasil penghitungan diperoleh: 1) terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok pendekatan inkuiri dan
ekspositori (F = 12,968) dan (sig. = 0,025), dari skor rata-rata kelompok
pendekatan inkuiri (9,31) lebih tinggi dari ekspositori (8,52); 2) tidak terdapat
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (p>0,05) antara kelompok tingkat
kecerdasan tinggi, sendang, dan rendah (F = 1,286) dan (sig. = 0,428) dengan skor
rata-rata kelompok tingkat kecerdasan tinggi (10,67), tingkat kecerdasan sedang
(8,86), dan tingkat kecerdasan rendah (8,27); dan 3) tidak terdapat pengaruh
interaksi antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kecerdasan terhadap hasil
belajar (p>0,05) diperoleh F = 0,723 dan sig. = 0,490.
Hasil penelitian ini memberi kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran
lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika dibandingkan dengan tingkat
kecerdasan siswa. Pendekatan inkuiri sangat efektif diterapkan pada pembelajaran
SAINS. Saran yang diberikan supaya dilaksanakan pembelajaran Matematika
dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri pada materi perpangkatan
dua, akar kuadrat, dan waktu di kelas V SD.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 14:55
Last Modified: 18 Dec 2013 14:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4922

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200