PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VA SDN 81 KOTA BENGKULU)

Efandri, Efandri and Sri , Irawati and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES, HASIL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA (PTK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VA SDN 81 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Efandri.pdf] Text
Skripsi Efandri.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses, hasil pembelajran IPA
dan pengembangan karakter siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 81 Kota Bengkulu
dengan cara penerapan pendekatan lingkungan melalui model pembelajaran
cooperative tipe GI. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester II tahun
pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar
tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi
dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran
untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata
nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian
ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi guru sebesar 29,5 dengan
kategori cukup dan nilai lembar observasi siswa sebesar 28,5, dengan kategori cukup,
sedangkan dari 33 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 66,66%, mendapat
nilai rata-rata sebesar 67,69, (2) pada siklus II diperoleh nilai lembar observasi guru
sebesar 38 dengan kategori baik dan nilai lembar observasi siswa sebesar 37 dengan
kategori baik, sedangkan dari 33 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal
93,93% dengan nilai rata-rata 75,06. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
Penerapan Pendekatan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe
GI dapat Meningkatkan Proses, Hasil Belajar dan Pengembangan Karakter Siswa
Kelas VA SDN 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 18 Dec 2013 15:18
Last Modified: 18 Dec 2013 15:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200