Gunawan. , Fitri. and Nani , Yuliantini and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (PTK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Fitri Gunawan.pdf [thumbnail of Skripsi Fitri Gunawan.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Fitri Gunawan.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas proses dan hasil serta
pengembangkan karakter pada pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa
kelas VA Sekolah Dasar Negeri 81 Kota Bengkulu melalui penerapan model
Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan lingkungan. Penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran
2011/2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi
dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan
kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
lembar observasi guru sebesar 30,25 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata
lembar observasi siswa sebesar 30,75, dengan kategori cukup, sedangkan hasil tes
siswa dari 33 siswa mendapat nilai rata-rata 65,4 dengan ketuntasan belajar
klasikal 33,33%, (2) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru
sebesar 40 dengan kategori baik dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar
40,25 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes dari 33 orang siswa mendapat
nilai rata-rata 76,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dengan
lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis
karangan deskripsi siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 16:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 16:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4945 |