PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE TIPE COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU

Witri, , Apriza and Resnani, Resnani and Karjiati, Karjiati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE TIPE COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Apriza Witri-0.pdf] Text
Skripsi Apriza Witri-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses
pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan
melalui pendekatan Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC)
pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5A SD Negeri 25 Kota Bengkulu.
Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 27 siswa yang terdiri dari 16 laki-
laki dan 11 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes akhir. Teknik pengumpulan
data diperoleh dari pengamatan, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan
memahami isi bacaan. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan
aktivitas guru dan siswa serta hasil tes kemampuan memahami isi bacaan. Dari
penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas
guru dan siswa . Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,5
dengan kategori “cukup”, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata skor 36,5 dengan
kategori “baik” meningkat pada siklus II 34,5 dengan kategori “baik“ Sedangkan
tes kemampuan siswa memahami isi bacaan juga menunjukkan peningkatan yaitu
pada siklus I rata-rata kelas 71,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 75%,
kemudian di siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,2 dengan persentase ketuntasan
klasikal 81% Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan
Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran membaca dan kemampuan siswa dalam memahami
isi bacaan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:47
Last Modified: 19 Dec 2013 08:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/4999

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200