PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IVA SDN 88 KOTA BENGKULU

Selviana, , Anita and Endang , Widi Winarni and Dalifa, Dalifa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IVA SDN 88 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ANITA SELVIANA--0.pdf] Text
ANITA SELVIANA--0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, dan
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN 88 Kota Bengkulu dengan
penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe NHT Dengan Memanfaatkan
Lingkungan Sekolah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap
siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IVA SDN 88 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 26 orang.
Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi
siswa, lembar observasi kerjasama siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor
serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan
rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan
menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data
menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar
43,25 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 48
dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor
44,75 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor
menjadi 47,5 dengan kriteria baik . Kerjasama siswa pada siklus I dengan rata-rata
6,51 meningkat pada siklus II menjadi 7,65%. Adapun untuk hasil tes pada siklus
I mendapat nilai rata-rata kelas 70,97 dengan ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 61,53%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80,76 dengan
ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,61%. Untuk penilaian afektif pada
siklus I diperoleh skor 9,30 dan pada siklus II diperoleh skor 10,19. Untuk
penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 6,2 dan pada siklus II diperoleh
skor 7,07. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
IPA dengan menerapkan model Cooperative Tipe NHT Dengan Memanfaatkan
Lingkungan Sekolah dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:07
Last Modified: 19 Dec 2013 09:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200