Surya Hernawati, , Anek and Herman , Lusa and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS VA SDN 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Anek Surya Hernawati-0.pdf [thumbnail of Skripsi Anek Surya Hernawati-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Anek Surya Hernawati-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas VA SDN 52 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 35
orang. Instrument yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar
observasi siswa, lembar penilaian perilaku siswa, serta lembar tes tertulis. Hasil yang
dicapai dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk aktivitas guru pada siklus I
diperoleh rata-rata skor 30,25 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh rata-
rata skor menjadi 32 dengan kriteria baik, sementara selisih skor adalah 1,75. Untuk
aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,75 dengan kriteria baik dan
pada siklus II diperoleh rata-rata skor menjadi 32,25 kriteria baik dengan selisih skor
1,50. Untuk penilaian perilaku siswa pada siklus I diperoleh skor 65,87 dan pada
siklus II diperoleh skor 82,43. Untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata
kelas 65,85 dengan daya serap sebesar 65,85% dan ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 57,14%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 78,71
dengan daya serap sebesar 78,71% dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai
88,57%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 09:18 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 09:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5008 |