PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 03 TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH

Susana, Sopti and Ismail, Ismail and Karjiati, Karjiati (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 03 TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-sop.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-sop.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 03Talang Empat Bengkulu Tengah dengan menerapkan Metode Eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Talang Empat Bengkulu Tengah dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar tes tertulis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi (pengamatan), tes dan dokumentasi. Data observasi di analisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes di analisis dengan menggunakan rata-rata nilai presentase ketuntasan belajar siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam dua siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 29,5 dengan keriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 35,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 28,25 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor menjadi 34 dengan kriteria baik. Adapun untuk hasil tes pada siklus 1 mendapat nilai rata-rata kelas 63 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 60% dan meningkat pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas 73,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SDN 03Taalang Empat Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:16
Last Modified: 19 Dec 2013 12:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200