Sampurno Atmojo, Budi and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LAMBANG BILANGAN RATUSAN PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB NEGERI MUSI RAWAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![BUDI SAMPURNO A.pdf [thumbnail of BUDI SAMPURNO A.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BUDI SAMPURNO A.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak tunagrahita
Ringan kelas VI di SLB Negeri Musi Rawas, yakni anak mengalami kesulitan
dalam membaca lambang bilangan ratusan, hal ini tampak pada waktu anak
diminta membaca lambang bilangan sampai ratusan. Untuk itu peneliti ingin
meningkatkan kemampuan membaca bilangan ratusan melalui metode
drill.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Data
kemampuan membaca lambang bilangan ratusan didapatkan melalui hasil
nilai ulangan dan hasil latihan soal ketika proses pembelajaran berlangsung.
Peneliti adalah guru kelas dan dalam penelitian ini peneliti sebagai
pelaksana tindakan.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing
siklus dilakukan dua kali pertemuan., Pada siklus I anak belum mampu
membaca bilangan ratusan dengan baik. Hasil penelitian pada siklus I secara
umum anak masih perlu bimbingan dan pengulangan, serta peningkatan
aktifitas guru dan anak. Pada siklus II diambil alternatif pemecahan masalah
dengan menggunakan alat peraga dan penghargaan atas hasil anak
sehingga anak lebih tertarik dan timbul kepercayaan dirinya.Hasil penelitian
pada siklus II anak sudah mampu membaca lambang bilangan ratusan
walaupun masih belum lancar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan Kemampuan membaca
bilangan ratusan bagi anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB negeri Musi
Rawas. Selain itu penerapan metode drill dapat meningkatkan aktifitas guru
dan siswa. Dan disarankan kepada guru dalam pembelajaran matematika
khususnya membaca lambang bilangan ratusan bagi anak tunagrahita ringan
hendaknya menggunakan metode drill.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:01 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5032 |