PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DAN DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B SLB NEGERI MUSI RAWAS

Rosita Utari , Eka and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DAN DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B SLB NEGERI MUSI RAWAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of EKA ROSITA U.pdf] Text
EKA ROSITA U.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (186kB)

Abstract

Penggunaan Metode Bermain Peran dan
Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Menungkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas IV-B SLB Negeri Musi Rawas. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD) dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya nilai pada mata
pelajaran kita yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
untuk itu peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode
Bermain Peran dan Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam penelitian
tindakan kelas. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan dibantu oleh dua
orang rekan guru sebagai pengamat. Hasil belajar didapatkan melalui
evaluasi akhir.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama secara
umum proses pembelajaran belum berhasil. Pada siklus kedua proses
pembelajaran lebih ditingkatkan baik aktifitas guru maupun aktifitas siswa.
Hasil penelitian pada siklus kedua hasil belajar yang diperoleh telah
memuaskan,dibuktikan dengan hasil belajar telah mencapai KKM.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan dua
metode yang dikolaborasikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya materi Penampakan Bulan pada pelajaran IPA. Selain itu
penerapan metode Bermain Peran dan Demonstrasi dapat meningkatkan
aktifita guru dan siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:32
Last Modified: 19 Dec 2013 15:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200