Nurdahwati, Elli and Puspa , Djuwita and Syahril , Yusuf (2012) PENERAPAN MODEL KLARIFIKASI DALAM PELAJARAN PKn UNTUK MENANAMKAN NILAI TAAT ATURAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Elli Nurdahwati-0.pdf [thumbnail of Skripsi Elli Nurdahwati-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Elli Nurdahwati-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai taat akan peraturan disekolah
pada siswa dengan menerapkan model klarifikasi nilai pada mata pelajaran PKn
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko .
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif . Subjek penelitian ini
adalah siswa IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko yang
berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan
lembar penilaian sikap siswa, wawancara dan dokumentasi. Data observasi
dianalisis mengunakan pemaparan data dengan melihat skor kriteria amat
baik,baik, cukup, kurang, dan sangat kurang, yang diperoleh guru dan siswa
sedangkan data penilaian afektif siswa dianalisis dari sikap dan perilaku siswa
selama proses pembelajaran dan ketika siswa berada di lingkungan sekolah yang
penilaiannya dilakukan oleh guru dengan cara menilai selalu, sering, kadang-
kadang, hampir tidak pernah, dan tidak pernah. Hasil yang dicapai dalam
penelitian ini adalah penerapan model klarifikasi nilai dapat meningkatkan
ketaatan siswa terhadap peraturan dan dapat menanamkan nilai-nilai taat aturan
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko.
Hal ini ditandai dengan perbaikan sikap dan perilaku siswa yang sudah sesuai
dengan nilai-nilai taat aturan yang telah ditanamkan oleh guru dan juga siswa
dapat mengaplikasikan sikap kerjasama, bertanggung jawab, musyawarah,
kejujuran dan integritas dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model klarifikasi nilai untuk
menanamkan nilai dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap ketaatan akan
peraturan disekolah dan menanamkan nilai-nilai taat aturan pada siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:48 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5056 |