Sulistyaningsih, , Emy Liana and Endang , Widi Winarni and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IIA SD SINT CAROLUS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![EMYLIANA SULISTYANINGSIH-0.pdf [thumbnail of EMYLIANA SULISTYANINGSIH-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EMYLIANA SULISTYANINGSIH-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu melalui penerapan kooperatif Think Pair
Share dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu. Pada
kegiatan inti guru, guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi
pelajaran (Think), guru meminta siswa untuk berpasangan dengan teman sebangku
mendiskusikan jawaban yang paling benar (Pair), guru meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusinya (Share). Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata
yang diperoleh guru adalah 2,7, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3. Pada siklus II
pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh guru adalah 3,2, pertemuan 2 nilai rata-rata
adalah 3,6. Kegiatan inti siswa, siswa memikirkan jawaban sendiri (Think), siswa
berpasangan dengan teman sebangku mendiskusikan jawaban yang paling benar
(Pair), siswa mempresentasikan hasil diskusi (Share). Pada siklus I pertemuan 1
rata-rata yang diperoleh siswa adalah 2,6, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3.
Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh siswa adalah 3,2, pertemuan 2
nilai rata-rata adalah 3,6. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) siklus
I rata-rata aktivitas guru 29,5 termasuk katagori baik, aktivitas siswa 28,75
katagori baik, sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk kompetensi dasar mata
pelajaran PKn 7,28, Bahasa Indonesia 7,19, Matematika 7,16, IPA 8,20, IPS 7,03,
SBK , persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata
pelajaran PKn 60,71%, Bahasa Indonesia 64,29%, Matematika 60,71%, IPA
92,85%, IPS 57,14%, SBK %, (2) siklus II rata-rata aktivitas guru 33,5 termasuk
katagori sangat baik, aktivitas siswa 33,25 katagori sangat baik, sedangkan nilai
rata-rata hasil tes untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 8,22, Bahasa
Indonesia 9,13, Matematika 7,22, IPA 8,62, IPS 7,76, persentase ketuntasan
belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 89,29%, Bahasa
Indonesia 96,43%, Matematika 85,71%, IPA 96,43%, IPS 82,14%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kooperatif Think Pair Share dalam
pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas IIA
SD Sint Carolus Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 15:52 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 15:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5058 |