Diana Sari, Eva and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![EVA DIANA SARI.pdf [thumbnail of EVA DIANA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EVA DIANA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (688kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada
mata pelajaran Sains kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota
Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Masalah penelitian ini, yaitu
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten
Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah
siswa 18 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode
kontekstual diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal
dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan
metode kontekstual dalam pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar.
Ini dapat dilihat dari hasil penelitian dapat dilihat ketuntasan klasilkal
meningkat dari menjadi 61,1 % pada siklus I, dan 88,8 % pada siklus II. Jadi
setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil
belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pembelajaran dengan metode kontekstual pada mata pelajaran Sains di
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten
Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:03 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5062 |