Hutmawati, Hutmawati and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM SUB POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 TEBING TINGGI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![HUTMAWATI.pdf [thumbnail of HUTMAWATI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HUTMAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (315kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar
Matematika dalam Sub Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian
Bilangan Melalui Teknik Pemberian Tugas Pekerjaan rumah bagi siswa
kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi, hasil belajar siswa masih rendah.
Apakah pemberian tugas pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pelajaran Matematika. Jenis penelitian tindakan kelas dengan
teknik pemberian tugas pekerjaan. Fokus penelitian adalah penggunaan
teknik pemberian tugas pekerjaan dalam pembelajaran. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus menempuh: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes dan observasi dengan indikator keberhasilan yang
ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat
disimpulkan bahwa (1) penggunaan teknik pemberian tugas pekerjaan
rumah dapat meningkatkan hasil dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD
Negeri 18 Tebing Tinggi, (2) peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari
meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari setiap siklus, yaitu
57,00 pada pra siklus menjadi 65,86 siklus I dan siklus II Meningkatkan
lagi menjadi 78,83. Besar persentase peningkatan sebelum tindakan dan
setelah tindakan adalah sebesar 23,30%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:26 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5069 |