Harti, Liliana and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PELAJARAN IPA KELAS VSD NEGERI 01 KELAM TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI LILIANA HARTI PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI LILIANA HARTI PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LILIANA HARTI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan
guru dengan Penerapan Metode Eksperimen untuk meningkatkan kualitas dan Hasil
belajar siswa pada materi perubahan wujud benda pelajaran IPA kelas V SDN 01
Kelam Tengah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Penerapan
Metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas siswa pada materi perubahan wujud
benda pelajaran IPA kelas V SDN 01 Kelam Tengah, apakah penerapan metode
eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud
benda pelajaran IPA kelas V SDN 01 Kelam Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap observasi,dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis. Data tes dianalisis
dengan menggunakan rata – rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal,
sedangkan data observasi dianalisis dengan rata – rata skor dan kreteria skor. Hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata – rata skor
observasi guru sebasar 24,5 dengan kriteria cukup dan rata – rata skor observasi siswa
sebesar 27 dengan kriteria baik, pada siklus II rata – rata skor observasi guru sebesar
57 dengan kriteria baik dan rata – rata skor observasi siswa sebesar 37 dengan kriteria
baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54,5 %
dengan nilai rata – rata 6,95 Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat
menjadi 95,4% dengan nilai rata – rata meningkat menjadi 7,90. Berarti hal ini
mengalami peningkatan, dengan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan
kualitas dan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:00 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5080 |