UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN UMPAN BALIK BERUPA MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU

Yuniarti, Miri and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN UMPAN BALIK BERUPA MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI  MIRI  PDF OK.pdf] Text
SKRIPSI MIRI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan umpan balik berupa media gambar. Metode penelitian adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya
adalah guru dan siswa kelas V SDN 06 Padang Guci Hulu yang berjumlah 14
orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan lembar
tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama
proses pembelajaran dengan menggunakan umpan balik berupa media
gambar. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan tes untuk mengetahui
prestasi siswa pada proses pembelajaran, Hasil penelitian menunjukkan : (1)
Aktivitas guru pra siklus dengan nilai rata-rata 11, siklus I 17,25 dan siklus II
27,5. (2) Aktivitas siswa pra siklus dengan nilai rata 9, siklus I 13,5 dan siklus
II 23,5. (3) hasil belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata 57,14 dan
ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Siklus I diperoleh rata-rata 68,22 dan
persentase ketuntasan belajar klasikal 68,22%. Pada siklus II diperoleh rata-
rata 85,71 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Perolehan
pada siklus II ini memenuhi kriteria ketuntasan, yaitu 85% siswa memperoleh
nilai > 70 dan proses pembelajaran dikatakan tuntas secara individu apabila
siswa memperoleh nilai > 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka
pengunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas
siswa, serta aktivitas guru pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN
06 Padang Guci Hulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:32
Last Modified: 19 Dec 2013 17:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200