Padilawati, Padilawati and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2011) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MATERITUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 KAUR UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI PADILAWATI PDF OK.pdf [thumbnail of SKRIPSI PADILAWATI PDF OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PADILAWATI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini
adalah untuk
meningkatkan kualitas proses
pembelajaran dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan metode
eksperimen panda pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 02 Kaur Utara.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri
dare 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel
independen yaitu penggunaan metode eksperimen dan variabel dependen
yaitu peningkatan prestasi belajar. Instrumen yang digunakan terdiri dare
lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata –
rata skor dan kriteria skor sedangkan data tes dianalisis dengan
menggunakan rata – rata skor dan kriteria skor dan sedangkan data tes
dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan persentase ketuntasan
belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu panda siklus I
diperoleh nilai rata – rata skor observasi guru sebesar 31 dengan kriteria baik
dan rata- rata skor observasi siswa sebesar 23 dengan kriteria baik, panda
siklus II rata – rata skor observasi guru meningkatkan menjadi 33 dengan
kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal panda siklus I
sebesar 64 % dengan nilai rata – rata 68 kriteria cukup. Pada Siklus II
ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 88 % dengan
nilai rata – rata meningkat menjadi 80. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di Kelas SD
Negeri 02 Kaur Utara.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 10:22 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 10:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5098 |