PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION ( PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (DI KELAS VB SDN 69 KOTA BENGKULU)

Wati, , Ratna and Dalifa, Dalifa and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION ( PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (DI KELAS VB SDN 69 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Ratna Wati.pdf] Text
Skripsi Ratna Wati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu, dengan
menerapkan model Problem Based Instruction. Subyek/ populasi sampel
penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu Tahun Ajaran
2010-2011. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan
lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi dan tes hasil belajar dengan teknik analisis data observasi, dan hasil
belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata skor observasi guru sebesar 36,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor
observasi siswa sebesar 35,25 dengan kriteria baik. Pada siklus II rata-rata skor
observasi guru sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa
sebesar 40,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal
pada siklus 1 sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 70,43. Pada siklus II
ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata
meningkat menjadi 77,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa khususnya di kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:29
Last Modified: 20 Dec 2013 10:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200