Satriawan, , Yadi and Syahril , Yusuf and Hasnawati, Hasnawati (2011) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KERJASAMA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Yadi Satriawan-0.pdf [thumbnail of Skripsi Yadi Satriawan-0.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Yadi Satriawan-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kerjasama kelompok dan
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IVB SDN 02
Kota Bengkulu melalui penerapan model kooperatif tiep STAD. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, kerjasama
kelompok, penilaian afektif dan psikomotor serta tes tertulis dalam bentuk essay.
Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan
belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-
rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria Baik, pada siklus II meningkat
sebesar 34,5 dengan kriteria Baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor
observasi siswa sebesar 30,25 dengan kriteria Baik, pada siklus II meningkat
sebesar 33,25 dengan kriteria Baik. Untuk penilaian kerjasama kelompok pada
siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 66,66% dan pada
siklus II meningkat mencapai 100%. Hasil analisis ketuntasan belajar secara
klasikal pada siklus I sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 64,4, pada siklus II
meningkat menjadi 86,11% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 77,9. Untuk
penilaian afektif pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai
47,22% dan pada siklus II meningkat mencapai 83,33%. Untuk penilaian
psikomotor pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai50%
dan pada siklus II meningkat mencapai 80,56%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn serta dapat meningkatkan kualitas
proses pembelajaran dan kerjasama kelompok khususnya siswa kelas IVB SD
Negeri 02 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:06 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5133 |