PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI “SIFAT-SIFAT CAHAYA” DI KELAS V SDN 86 KOTA BENGKULU

Minarni., Minarni. and Dalifa, Dalifa and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI “SIFAT-SIFAT CAHAYA” DI KELAS V SDN 86 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of SKripsi Minarni.pdf] Text
SKripsi Minarni.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran IPA kelas V SDN 86
Kota Bengkulu melalui model pembelajaran Problem Based Learning, meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SDN 86 Kota Bengkulu melalui penerapan model Pembelajaran Problem
Based Learning. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan II siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Instrumen yang digunakan adalah lembar observas dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari
lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini yaitu, Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 62,5 nilai rata-rata 31,25 dengan
kriteria “baik”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II di peroleh skor 74,5 nilai rata-rata
37,25 dengan kriteria “baik”. Observasi siswa siklus I diperoleh skor 59 nilai rata-rata 29,5
dengan kriteria “baik”. Nilai observasi siswa meningkat pada siklus II 73 nilai rata-rata 36,5
dengan kriteria “baik”. Nilai LKS siklus I 6,55 ketuntasan belajar 60%. Nilai LKS meningkat
pada siklus II 7,69 ketuntasan belajar 100%. Nilai tes siklus I di peroleh skor 6,80 ketuntasan
belajar 63,33%. Nilai tes siswa meningkat pada siklus II 7,35 dengan ketuntasan belajar klasikal
80%. Untuk pengamatan setiap aspek afektif pada siklus I persentase siswa yang mencapai
kategori baik meningkat di siklus II. Begitu juga dengan aspek psikomotor persentase jumlah
siswa yang mencapai kategori sangat terampil juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Dari
analisis data menunjukan bahwa pembelajara IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran
Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan
materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 86 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:53
Last Modified: 20 Dec 2013 12:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200