UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sumawandro,, Purnomo and Endang , Widi Winarni and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Purnomo Sumawandro.pdf] Text
Skripsi Purnomo Sumawandro.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penerapan pendekatan
Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V A SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas(Classroom Action Reseacrh) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar
penilaian afektif dan psikomotor serta lembar post tes tertulis dalam bentuk essay.
Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor,
sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase
ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata skor observasi guru sebesar 33,75 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor
observasi siswa sebesar 33,25 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor
observasi guru meningkat sebesar 37,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor
observasi siswa meningkat sebesar 36,5 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar
penilaian afektif pada siklus I dikatagorikan cukup dan lembar penilaian psikomotor
dikatagorikan cukup,selanjutnya di siklus II penilaian afektif membaik dari katagori
cukup menjadi baik dan penilaian psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Hasil
analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-
rata 73,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi
86,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 84,46. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dapat
meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa
khususnya siswa kelas VA SD Negeri 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:41
Last Modified: 20 Dec 2013 16:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200