Wulandari, , Putri utami and Wurjinem, Wurjinem and Ansyori , Gunawan (2012) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR. (PTK Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VA SD Negeri 45 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Putri Utami Wulandari.pdf [thumbnail of Skripsi Putri Utami Wulandari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Putri Utami Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (17MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas
VA SD Negeri 45 Kota Bengkulu, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas
proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan
model PBL melalui lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa,
pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-
rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data
menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar
35,25 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 42,75 dengan
kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar
34,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 43,5 dengan
kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar
54,28% dengan nilai rata-rata 63,28 pada siklus II meningkat menjadi 74,28%
dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,42. Untuk pengamatan afektif pada
siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dengan rata-rata skor
11,11 termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II meningkat mencapai 24
siswa dengan rata-rata 13,02 dengan kategori baik. Demikian pula untuk
pengamatan psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 18
siswa dengan rata-rata skor 9,90 termasuk dalam kriteria cukup, dan pada siklus II
meningkat sebanyak 30 siswa dengan rata-rata 10,88 dengan kategori baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Probelm Based
Learning (PBL) melalui lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil belajar siswa (PTK pada mata pelajaran IPS kelas VA
SD Negeri 45 Kota Bengkulu).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:01 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5153 |