Harmidi , Sefdian and Sri , Dadi and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Sefdian Harmidi.pdf [thumbnail of Skripsi Sefdian Harmidi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Sefdian Harmidi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 61 Kota Bengkulu dengan cara penerapan
Model Problem Solving melalui media Mind Mapping. Penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan
sebanyak dua siklus, hasil dari siklus pertama belum mencapai ketuntasan belajar
sehingga diadakan siklus kedua untuk meperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus
satu, dan pada siklus kedua ini hasil belajar sudah mencapai ketuntasan sehingga
penelitian ini dicukupkan sampai pada siklus kedua. Setiap siklus melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas IV SD Negeri 61 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran
2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi
dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran
untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata
nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian
ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 56,5
dengan kategori cukup dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 55,5,
dengan kategori cukup, sedangkan dari 36 orang siswa dengan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 58,33%, dan mendapat nilai rata-rata sebesar 58,88, (2) pada siklus
II diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 76,5 dengan kategori baik
dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 75,5 dengan kategori baik,
sedangkan dari 36 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 86,11% dengan
nilai rata-rata sebesar 75,55. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
Penerapan Model Problem Solving melalui Media Mind Mapping pada Mata
Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa di
Kelas IV SD Negeri 61 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5157 |