Wellita Sari, , Sefti. and Dalifa, Dalifa and Herman , Lusa (2012) Penerapan pendekatan Konstruktivisme melalui Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVa SDN 27 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![Skripsi Sefti Wellita Sari.pdf [thumbnail of Skripsi Sefti Wellita Sari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Sefti Wellita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan hasil belajar melalui pendekatan Konstruktivisme dan Model
Quantum Teaching pada pembelajaran IPA kelas IVa SD Negeri 27 Kota
Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan 25 siswa
yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari
observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data
pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, lembar penilaian afektif, kognitif dan
psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-
rata observasi guru yaitu 31,25. dengan kategori cukup, nilai rata-rata observasi
siswa yaitu 29,75 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif pada aspek
menerima memperoleh rata-rata 10%, menanggapi 26%, menilai 52%, mengelola
36%, kerja kelompok 66% dan penilaian psikomotor pada aspek menggunakan
alat 44%, kerapian kerja 32%, menirukan 52%, pengalamiahan 33%. Nilai rata-
rata kognitif sebesar 67,2 dengan ketuntasan klasikal 52%, nilai rata-rata LKS
sebesar 71,25 dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus II nilai rata-rata Nilai
rata-rata observasi guru yaitu 41,75 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi
siswa yaitu 43,75 dengan kategori baik, sedangkan penilaian afektif pada aspek
menerima memperoleh persentase sebesar 48%, menanggapi 64%, menilai 70%,
mengelola 48%, kerja kelompok 66%, dan penilaian psikomotor memperoleh rata-
rata pada aspek menggunakan alat 56%, kerapian kerja 58%, menirukan 52%,
pengalamiahan 78%. Nili rata-rata kognitif sebesar 78,9 dengan ketuntasan belajar
klasikal 88%, nilai rata-rata LKS sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal 83,3%.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme
melalui Model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran
dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 17:25 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 17:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5158 |