PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VC SDN 52 KOTA BENGKULU

Trisnawati, , Riri and Sri , Irawati and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VC SDN 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Riri Trisnawati.pdf] Text
Skripsi Riri Trisnawati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (42MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar melalui
pendekatan Keterampilan Proses melalui Metode Eksperimen pada pembelajaran
IPA kelas VC SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah guru dan
28 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan
hasil belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data
diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan
adalah data pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif, kognitif dan
psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-
rata kelas sebesar 64,2 dengan ketuntasan klasikal 64,2 %, nilai rata-rata
observasi guru yaitu 25,25. dengan kategori cukup, nilai rata-rata observasi siswa
yaitu 24,25 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif sebesar 10 dan
penilaian psikomotor sebesar 12,5. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar
80,71 dengan ketuntasan belajar klasikal 85% , nilai rata-rata observasi guru yaitu
35 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 32 dengan kategori
baik, sedangkan penilaian afektif sebesar 22 dan penilaian psikomotor sebesar 22
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses
sains melalui Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 18:20
Last Modified: 20 Dec 2013 18:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200