UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUMI AGUNG

Ngatiem, Ngatiem and Pudji , Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUMI AGUNG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-nga.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (336kB)
[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-nga.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Tebing Tinggi dalam pembelajaran
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bumi Agung dengan subyek
penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bumi Agung yang berjumlah 21 orang
terdiri 11 laki-laki dan 10 perempuan. Fokus penelitian adalah
penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share dan eksperimen
dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitlan ini adalah penelitian tindakan
kelas dilaksanakan dalam dua siklus;, setiap siklus menempuh: empat
tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa
observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Peningkatan
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model Think Pair and
Share dan eksperimen dapat ditingkatkan. Persentase jumlah siswa yang
tuntas dari pra siklus, siklus I sampai siklus II berturut-turut adalah : pra
siklus sebesar 52,38%, siklus I sebesar 76,16% dan siklus II sebesar
100%. Rata-rata nilai pada pra siklus 62,38, siklus I sebesar 67,38, dan
meningkat menjadi 75,95 pada siklus II. Besar Persentase peningkatan
hasil belajar setelah diberi tindakan sebesar 14,89%

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 10:01
Last Modified: 24 Dec 2013 10:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5695

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200