Women, Elsi and Nyanyu, Neti Arianti and Basuki , Sigit Priyono (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH PRODUK SYNGENTA ATAU NON SYNGENTA (Kasus pada Petani Sayur di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Pertanian UNIB.
![I,II,III-ELS-FP.pdf [thumbnail of I,II,III-ELS-FP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-ELS-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (141kB)
![IV,V,VI-ELS-FP.pdf [thumbnail of IV,V,VI-ELS-FP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V,VI-ELS-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (503kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui alasan konsumen memilih
produk Syngenta atau Non Syngenta 2) Untuk mengetahui proporsi penggunaan
insektisida, herbisida dan fungisida baik produk Syngenta atau Non Syngenta
3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih
produk Syngenta atau Non Syngenta.
Penelitian ini dilaksanakan dilakukan di Kecamatan Selupu Rejang
Kabupaten Rejang Lebong. Responden yang diambil sebanyak 100 petani, yang
terdiri dari 30 petani pemilih produk Syngenta dan 70 petani pemilih produk Non
syngenta. Responden dalam penelitian ini adalah petani sayur yang datang ke retailer
untuk membeli pestisida dari Syngenta atau Non Syngenta.
Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi dan
wawancara dengan bantuan pengisian kuisioner. Data sekunder diperoleh dari
instansi-instansi terkait, literatur-literatur serta data-data yang berkaitan dengan
penelitian lainnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk
penjelasan atau pembahasan data yang diperoleh yaitu menjelaskan alasan-alasan
yang yang mendorong konsumen memilih mengkonsumsi produk Syngenta atau Non Syngenta dan menjelaskan proporsi penggunaan pestisida oleh petani tersebut dan
analisis kuantitatif untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
memilih produk syngenta atau Non Syngenta dengan menggunakan model regresi
logit.
Hasil analisis menunjukkan alasan petani memilih produk Syngenta adalah
karena ampuh membasmi OPT, hasil panen bagus, harga terjangkau dan petani
banyak pakai. Alasan petani memilih produk Non Syngenta yaitu karena ampuh
membasmi OPT, aman digunakan, hasil panen bagus dan petani banyak yang
menggunakan. Proporsi Penggunaan produk Syngenta jenis insektisida padat dengan
persentase 76,19 % dan insektisida cair 67,57 %, dan proporsi penggunaan fungisida
padat sebesar 23,81 % dan fungisida cair sebesar 32,43 %. Proporsi penggunaan
produk Non Syngenta sebesar 100 % untuk fungisida padat dan 100 % untuk
insektisida cair.
Hasil analisis menunjukkan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
memilih pestisida Snyangenta atau Non Syngenta adalah persepsi petani terhadap
produk Syngenta dimana nilai t hitung (3,1248) lebih besar dari nilai t tabel (1,960).
Berarti bahwa persepsi petani terhadap produk syngenta mempengaruhi keputusan
konsumen dalam memilih produk Syngenta atau Non Syngenta.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | 013 Rizky Septika Utami |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 09:15 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 09:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/5912 |