PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS IX.G SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Husna, Fitratul and Idrus, Irdam and Irawati , Sri (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS IX.G SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran biologi dengan penerapan pendekatan kontekstual menggunakan model Group Investigation (GI) di kelas IXg SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskriptif dalam dua siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan KD 2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas IXg SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2014 dengan siswa kelas IXg SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 38 (baik) dan siklus II menjadi 39,5 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 38 (baik) dan siklus II menjadi 40,5 (baik). Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 74,78 dengan persentase ketuntasan 58,33 % (tidak tuntas), dan siklus II meningkat menjadi 79,58 dengan persentase ketuntasan 87,5 % (tuntas). Disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual menggunakan model Group Investigation (GI)dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar IPA-biologi di kelas IXg SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2014 11:30
Last Modified: 09 Sep 2014 11:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200